Cara memperbaiki Device not recognized pada flash disk atau External HDD


Dear Friend,
Pastinya teman pernah mengalami error pada saat teman mencolokkan Flash Disk atau External Hard Disk, terus muncul di sebelah kanan bawah layar muncul tulisan " Device not recognized" atau dalam bahasa kita data gak terbaca. Bingungkan apa penyebabnya.
Penyebabnya banyak faktor :
1. Mungkin posisi konektor yang tidak pas dengan posisi konektor USB di komputer kita, coba diperbaiki terlebih dahulu. trus coba colokkan lagi.
2. Apabila cara 1 masih juga tetap muncul begitu, kita coba cara yang kedua dengan mematikan komputer & mencabut baterai pada laptop untukmenormalkan kembali, trus nyalakan lagi dan colok flash disk.
3. Apabila masih tidak bisa, kita coba cara 3 yaitu cek kabel konektornya siapa tau udah rusak atau putus untuk memastikannya pinjam dulu punya teman kabel yang sama, dan coba lagi.
4. Apabila masih juga gak bisa, kemungkinan besar adalah circuit konektor pada flash disk atau external HDD udah rusak atau kekurangan power. Circuit ini adalah komponen yang berfungsi untuk koneksi data dan power dari komputer ke external HDD/Flash disk sehingga kita tidak perlu banyak menggunakan kabel... ini bisa dilihat saat kita buka casing External HDD atau Flashdisk. Biasanya circuit ini dijual bersama casingnya tinggal pilih apa tipe Hard disk kita.
5. apabila sudah diganti casingnya tetap saja masihmuncul begitu... coba cek USB komputer anda, kemungkinan USB nya udah rusah sehingga supplai data & arus terganggu. silahkan bawa ke service komputer ganti USB connectornya.
saya pernah mengalami hal itu, sampe-sampe bingung dan terpaksa saya bongkar semua external HDD dan ternyata setelah saya ganti casing & circuit... langsung detech....
selamat mencoba dan sukses

1 komentar:

  1. tapi kalaw plasdisk lain terdeteksi sedangkan yang kita tidak bisa? apakah plasdisk kita udah ruksak??

    BalasHapus